Kesehatan Inilah 10 Buah Terbaik yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Inilah 10 Buah Terbaik yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Perlu kalian ketahui, kalau fruktosa (gula buah) juga dapat memberikan dampak negatif bagi penderita diabetes.

American Diabetes Association (ADA) mengatakan bahwa diabetesi (sebutan untuk orang dengan penyakit diabetes) boleh makan buah apa pun asalkan cermat menakar porsinya dan memastikan tidak punya alergi buah.

Penelitian dari Denmark dalam Nutrion Journal bahkan melaporkan membiasakan makan setidaknya dua potong buah sehari dalam 12 minggu mengurangi kadar glukosa dalam darah dan menurunkan berat badan.

Namun, tentunya tidak semua buah direkomendasikan untuk penyakit gula. Buah harus memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu sekitar 55. Indeks glikemik (IG) adalah ukuran kecepatan suatu makanan untuk diproses menjadi gula darah oleh tubuh.

Untuk itu, kamu harus cermat memilih jenis buah dengan fruktosa yang tepat dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Nah, Dari begitu banyak pilihan buah di luar sana, ada beberapa buah yang aman untuk penyakit gula, di antaranya:

1. Beri

Cranberry, raspberry, dan blueberry adalah varian buah beri yang cocok disantap karena kandungan fruktosa yang aman bagi pengidap diabetes. Mengandung serat, rendah karbohidrat, antioksidan, dan kaya vitamin yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga. Sebelum mulai latihan fisik, masukan kombinasi buah beri ini kedalam teko berisi air. Aduk, lalu simpan dalam lemari pendingin dalam kondisi tertutup rapat. Tambahkan perasan lemon dan kayu manis lalu nikmati usai beraktivitas untuk meneguk kesegarannya.

2. Grapefruit

Grapefruit juga dikenal dengan nama jeruk bali merah adalah pilihan pertama yang dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Rasanya yang manis dan asam bisa dipadukan dengan segelas air dingin yang diberi perasan lemon. Cukup ambil setengah potong buah ini dan rasakan kesegaran dalam tiap gigitannya.

3. Semangka

Semangka selain mengandung banyak air juga kaya akan vitamin B dan C, kalium, beta-karoten, serta lycopene yang baik bagi tubuh. Jika kamu bosan menyantap buah ini dengan cara diiris, kamu bisa menyajikannya sebagai hidangan penutup. Haluskan semangka tanpa dicampur dengan air lalu sajikan dalam gelas.

4. Ceri

ceri juga termasuk buah yang baik untuk penyakit gula. Buah ceri kaya akan kandungan kalium dan antioksidan yang keduanya baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Buah yang baik untuk penderita diabetes ini memiliki dua jenis, yaitu ceri manis dan ceri asam.

Sebuah tinjauan pada jurnal Nutrients melaporkan bahwa baik itu ceri asam maupun manis mengandung polifenol dan vitamin C  yang berlimpah. Kedua nutrisi tersebut efektif mencegah peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat memicu komplikasi diabetes.

5. Pir

Buah pir diketahui baik untuk penyakit gula karena memiliki nilai indeks glikemik yang relatif rendah, yaitu 38.

Selain GI yang rendah, buah yang baik untuk diabetes ini juga mengandung berbagai nutrisi penting. Kandungan flavonoid dalam manfaat buah pir disebut-sebut menjadi kunci dalam mencegah serta mengobati diabetes.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang diikuti oleh lebih dari 9.600 orang dewasa berusia 25-74 selama sekitar 20 tahun. Peneliti menemukan bahwa peserta yang makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari, secara signifikan risiko mereka terkena penyakit diabetes akan menurun.

Selain itu, buah ini juga mengandung serat cukup tinggi dan ini sangat cocok untuk penderita penyakit gula. Makan buah pir dapat mencukupi sekitar lebih dari 20 persen asupan serat harian yang direkomendasikan.

Serat pada buah ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, keinginan untuk makan berlebih pun dan gula darah jadi lebih terkontrol.

6. Stroberi

Stroberi menjadi buah yang baik untuk pasien diabetes. Manfaat dari buah yang baik untuk penderita diabetes ini didapatkan dari senyawa fisetin yang juga ada pada apel dan tomat. Fisetin adalah senyawa pemberi warna yang berperan sebagai antioksidan.

Fisetin dalam buah stroberi memang tidak bekerja untuk mengurangi kadar gula darah. Namun, fisetin diketahui membantu menurunkan risiko hipertrofi atau pembengkakan ginjal.

Senyawa aktif dalam buah stroberi ini juga diketahui bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi retinopati diabetik dan gangguan saraf pada penderita diabetes.

Meski dibutuhkan penelitian lanjutan terhadap temuan ini, para peneliti percaya bahwa stroberi merupakan buah untuk penyakit gula yang aman dikonsumsi.

7. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia dan aman untuk penderita diabetes. Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini kaya akan kandungan vitamin A serta vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pasien diabetes.

Tak hanya itu, mangga juga juga mengandung mangiferin yang dapat membantu mengurangi kadar gula pada tubuh. Buah yang baik untuk pasien diabetes ini juga tinggi serat sehingga dapat membantu menjaga fungsi pencernaan agar bekerja lebih optimal.

Selain aman untuk penyakit gula dan manfaatnya melimpah, buah ini juga mudah diolah. Anda bisa mengonsumsi mangga dengan memakannya langsung atau dijadikan rujak bersama berbagai buah lainnya.

8. Alpukat

Kebanyakan orang mengira buah alpukat harus dihindari para diabetesi karena kandungan lemaknya tinggi. Faktanya, alpukat justru termasuk buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang justru baik untuk mengendalikan gula darah ke kadar normalnya. Buah yang baik untuk penyakit gula ini juga bisa meningkatkan kinerja hormon insulin dengan menciptakan rasa kenyang setelah dimakan.

Selain itu, buah legit ini juga bermanfaat menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes. Cara menyajikan buah yang sehat untuk pasien diabetes ini pun bervariasi. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dibuat salad, selai, atau isian sandwich.

9. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang menjadi sumber kalium, serat, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Kiwi adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kombinasi kandungan serat, air, dan nilai indeks glikemiknya yang rendah dapat memperlambat laju penyerapan glukosa yang berasal dari makanan lain.

Selain aman untuk gula darah, buah ini juga jadi pilihan menu diet penurunan berat badan. Perlu diketahui bahwa satu buah kiwi besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat.

10. Apel

Salah satu buah untuk diabetes yang paling mudah ditemui di toko buah adalah apel. Buah ini mengandung 21 gram karbohidrat dan 77 kalori. Apel juga kaya akan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain itu, buah yang baik untuk penderita diabetes ini juga mengandung indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu dibawah 55.

Jika malas mengupas kulit apel, tidak usah khawatir. Buah apel justru semakin bermanfaat untuk penyakit gula apabila dimakan sekaligus dengan kulitnya karena kandungan nutrisi dan antioksidannya jadi lebih tinggi.

Itulah 10 terbaik untuk penderita diabetes.

Jurnalilmuhttps://jurnalilmu.com
Jurnalilmu Adalah Situs Kumpulan Artikel Sains, Teknologi, Kesehatan, Sejarah dan Budaya, Serta Tips Dan Trik.

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti

Artikel Populer

Sebelum Bercinta, Jerapah Jantan Minum Urine Pasangannya

Jerapah bukanlah ternasuk hewan yang memiliki masa kawin. Tapi, sama seperti manusia, jerapah betina memiliki siklus bulanan mirip menstruasi, dengan lebih sedikit darah tentunya.Masa-masa...

Kadal Tunjukkan Tanda Cinta dengan Saling Menggigit

Pernahkah Kalian melihat dan juga memperhatikan kadal menggigit satu sama lain, atau tampak seperti mencoba saling memakan satu sama lain?Rupanya, meski terlihat seperti perkelahian...

Masker Terbaik dan Terburuk Menurut Para Ilmuwan

Sebuah Penelitian baru yang dilakukan oleh ilmuwan dari Duke University membantu menjawab pertanyaan masker jenis apa yang paling efektif mencegah droplets. Dalam uji coba...

Pemanasan Global Menjadikan Virus Bertahan Lebih Lama dan Sulit Dibunuh

Pemanasan global menjadikan ancaman penyakit menular meningkat, karena membuat virus-virus bertahan lebih lama susah dibunuh.Sebuah studi para peneliti di Swiss mengungkapkan bahwa virus yang...

Tinta Cumi Punya Berbagai Manfaat Tak Terduga untuk Kesehatan

Ada banyak hidangan laut yang biasa kita konsumsi. Salah satu yang paling populer adalah cumi.Apakah teman-teman pernah melihat cumi yang diolah bersama dengan tintanya?Kalau...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kamera Observatorium Ini, Hasilkan Gambar 3.200 Megapixel!

Sebuah Kamera utama untuk Observatorium Vera C Rubin baru saja melakukan serangkain uji coba memotret pertamanya. Kamera masa depan ini mencatat rekor dunia baru...

Sebelum Bercinta, Jerapah Jantan Minum Urine Pasangannya

Jerapah bukanlah ternasuk hewan yang memiliki masa kawin. Tapi, sama seperti manusia, jerapah betina memiliki siklus bulanan mirip menstruasi, dengan lebih sedikit darah tentunya.Masa-masa...

Kadal Tunjukkan Tanda Cinta dengan Saling Menggigit

Pernahkah Kalian melihat dan juga memperhatikan kadal menggigit satu sama lain, atau tampak seperti mencoba saling memakan satu sama lain?Rupanya, meski terlihat seperti perkelahian...

Masker Terbaik dan Terburuk Menurut Para Ilmuwan

Sebuah Penelitian baru yang dilakukan oleh ilmuwan dari Duke University membantu menjawab pertanyaan masker jenis apa yang paling efektif mencegah droplets. Dalam uji coba...

Pemanasan Global Menjadikan Virus Bertahan Lebih Lama dan Sulit Dibunuh

Pemanasan global menjadikan ancaman penyakit menular meningkat, karena membuat virus-virus bertahan lebih lama susah dibunuh.Sebuah studi para peneliti di Swiss mengungkapkan bahwa virus yang...