30.4 C
Anyar
SainsTahukah Kamu Apa Itu Serat?

Tahukah Kamu Apa Itu Serat?

Tahukah kamu apa itu serat? Serat adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Menurut kamus bahasa indonesia, serat adalah suatu material yang perbandingan panjang dan lebarnya sangat besar dan molekul penyusunnya terorientasi, terutama ke arah panjang. Serat kapas misalnya memiliki perbandingan panjang dan lebar mulai dari 500 (1 sampai dengan 1000).

Istilah serat sering dikaitkan dengan sayur-sayuran,  buah-buahan, dan tekstil. Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan berserat tinggi yang sangat baik bagi sistem pencernaan makanan. Serat juga digunakan sebagai bahan baku tekstil. Serat sebagai bahan baku  tekstil adalah serat-serat yang digunakan untuk aplikasi tekstil. Serat merupakan bahan baku yang digunakan dalam  pembuatan  benang  dan kain. Sebagai bahan baku dalam pembuatan benang  dan  kain, serat memegang peranan penting. Sifat serat akan mempengaruhi sifat benang atau kain yang dihasilkan, baik dari pengolahan secara mekanik maupun pengolahan secara kimia. Bahan baku tekstil ini merupakan bahan pembuat pakaian dan kebutuhan lain.

Jenis-jenis Serat

1. Serat Alami

Ulat Sutera Merupakan Bahan Baku Serat Sutera
Ulat Sutera Merupakan Bahan Baku Serat Sutera

Serat alami meliputi serat yang diproduksi alias dihasilkan oleh tumbuhan, hewan dan proses geologis. Serat jenis ini sendiri memiliki sifat yang mampu mengalami pelapukan.

Sementara itu, serat alami juga masih bisa digolongkan ke dalam :

  1. Serat tumbuhan atau serat pangan. Biasanya tersusun atas selulosa, hemiselulosa dan kadang-kadang mengandung pula yang namanya lignin. Contoh dari serat jenis ini sendiri adalah katun dan kain ramie. Serat tumbuhan digunakan sebagai bahan pembuat kertas serta tekstil. Serat tumbuhan juga cukup penting untuk nutrisi manusia.
  2. Serat kayu. Serat yang berasal dari batang tumbuhan yang berkayu.
  3. Serat hewan. Pada umumnya, tersusun atas protein tertentu. Contoh dari serat hewan ini yang dimanfaatkan oleh manusia saat ini ialah serat ulat (sutra) dan bulu domba (wol).
  4. Serat mineral. Pada umumnya dibuat dari asbestos. Saat ini, asbestos menjadi salah satunya mineral yang secara alami terdapat pada bentuk serat panjang.
Baca Juga :  Beberapa Selebritis ini Miliki Wajah Paling Sempurna Sedunia, Menurut Sains
Baca Juga :  4 Perantara Yang bisa Membantu Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

2. Serat Sintetis

Serat Fiberglass Merupakan Contoh Serat Sintetis
Serat Fiberglass Merupakan Contoh Serat Sintetis

Serat sintetis atau serat buatan dari manusia pada umumnya berasal dari bahan petrokimia. Akan tetapi, ada juga serat sintetis yang dibuat dari selulosa alami, contohnya rayon.

Serat Mineral

  1. Kaca serat atau fiberglass, yang dibuat dari kuarsa
  2. Serat logam bisa dibuat dari logam yang duktil, seperti emas, perak, atau tembaga
  3. Serat karbon

Serat Polimer
Serat polimer menjadi bagian dari serat sintetis. Serat jenis ini dibuat dengan proses kimia. Bahan yang paling umum digunakan untuk membuat serat polimer, seperti :

  1. Polymida nilon
  2. PET atau PBT poliester, digunakan untuk membuat botol plastik
  3. Fenol-formaldehid (PF)
  4. Serat polivinyl alkohol (PVOH)
  5. Serat polivinyl khlorida (PVC)
  6. Poliolefin (PP dan PE)
  7. Polyethylene (PE)
  8. Elastomer, digunakan untuk membuat spandex
  9. Poliuretan
Jurnalilmuhttps://jurnalilmu.com
Jurnalilmu Adalah Situs Kumpulan Artikel Sains, Teknologi, Kesehatan, Sejarah dan Budaya, Serta Tips Dan Trik.

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti

Artikel Populer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru